Mencegah Dan Mengobati Mendengkur Secara Alami

Mengatasi Mendengkur Secara Alami 

Mencegah Dan Mengobati Mendengkur Secara Alami  – Mendengkur atau yang lebih akrab disebut dengan ngorok adalah suara kasar yang keluar ketika seseorang sedang dalam keadaan tidur lelap. Adanya mendengkur karena menyempitnya saluran pernapasan.

Tidur mendengkur atau ngorok memang sangat mengganggu orang lain, tapi bagi, kondisi mendengkur tidak perlu dikhawatirkan, karena hal ini normal adanya. Namun, bisa juga mendengkur menjadi pertanda bahwa ada masalah pada kesehatan Anda, termasuk sleep apnea atau tidur obstruktif (tidur dengan kondisi tersumbatnya jaluran napas karena adanya jaringan lunak di bagian belakang tenggorokan).

Penyumbatan (obstruksi aliran udara) menahan terjadinya oksigen ke seluruh organ tubuh dan darah. Transfer oksigen ke organ tubuh karena obstruksi terjadi selama 20 sampai 40 detik. Anda tidak akan merasakan apa-apa selama fase ini, namun kondisi tersebut bisa menyebabkan berbahaya bagi Anda.

Adanya tidur mendengkur bukan hanya terjadi karena masalah kesehatan, bisa jadi mendengkur disebabkan karena kelelahan sebab aktivitas yang melelahkan di siang hari atau kelelahan yang memang terjadi selama bertahun-tahun yang akhirnya menyebabkan munculnya mendengkur.

Penyebab Mendengkur

Mendengkur juga bisa terjadi karena:

  • Obstruksi pada sinus serta lorong hidung
  • Minuman beralkohol
  • Tidur terlentang
  • Lemah otot
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat mengendurkan otot
  • Penumpukan lemak disekitar tenggorokan
  • Ketegangan maupun gangguan otot leher akibat dari kesalahan pada rahang
  • Gangguan pada sistem atau jaringan pernapasan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk mencegah dan mengobati mendengur secara alami, di antaranya:

1. Merubah kebiasaan tidur

Aktivitas yang kurang baik dan Tidak Memberikan Manfaat pada kesehatan sebaiknya diubah dan dikurangi, karena hal tersebut dapat menimbulkan tidur mendengkur. Aktivitas yang kurang baik sebelum tidur (buruk) seperti minum kopi, tidur tidak teratur, olahraga sebelum tidur bisa menyebabkan munculnya mendengkur.

kurangi aktivitas menjadi semacam ini dan ubahlah jadwal tidur dan lebih tepat waktu secara teratur. Dengan melakukan hal ini maka, mendengkur di waktu tidur bisa kurang, bahkan tidak bisa mendengkur lagi. Dan satu lagi, Gunakanlah kamar tidur hanya untuk tidur, bukan untuk beraktivitas.

2. Menjaga kebersihan kamar tidur

Alergi ringan sering menjadi pemicu adanya tidur mendengkur. Baik itu adanya alergi tersebut karena debu, bulu hewan peliharaan menjadi dan lain-lain yang mengakibatkan Anda alergi ringan. Alergi ringan inilah yang menyebabkan Anda tidur mendengkur.

Usahakan kamar tidur anda terbebas dari semua ini, yaitu selalu membersihkan kamar tidur anda. Adanya debu yang menempel di permukaan bantal dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan, sehingga Anda akan mendengkur dikala tidur. Jika Anda memang mengidap alergi, maka usahakan selalu membersihkan kamar tidur sesering mungkin.

3. Tambah bantal saat tidur

Tidur dalam keadaan terlentang dapat membuat lidah anda mundur dan jatuh ke bagian belakang tenggorokan, kondisi semacam ini menutup jalan pernapasan. Kalau sudah begini, pasti akan muncul mendengkur.
Suka untuk menggunakan bantal yang lebih tinggi atau menambah bantal. Dengan teknik ini maka lidah anda tidak akan menutupi bagian belakang tenggorokan. Selain itu denggan menggunakan bantal yang lebih tinggi atau menambahkan bantal, maka tenggorokan Anda akan terbuka. Namun praktik semacam ini kadang-kadang dapat menyebabkan sakit pada leher.

4. Minum air putih sebelum tidur

Kebiasaan mendengkur bisa dikurangi dengan cara sederhana, yaitu sebelum tidur usahakan minum air putih terlebih dahulu.

Kenapa bisa begitu?

Ya, karena dehidrasi dapat menyebabnya kekeringan di tenggorokan, jika tenggorokan kering, maka sistem pernapasan menjadi kering dan lengket.

Dengan minum air putih sebelum tidur, maka hal ini akan membuat saluran pernapasan tetap dalam keadaan basah dan mampu mengurangi mendengkur.

5. Menurunkan berat badan

Adanya tumpukan lemak di tubuh Menyebabkan adanya mendengkur waktu tidur, di samping itu juga menyebabkan berat badan meningkat. Cara terbaik untuk menghilangkan mendengkur adalah turunkan berat badan Anda. Karena timbunan lemak yang berlebihan (terutama di daerah leher), dapat mengganggu pernapasan, sehingga hal ini menyebabkan mendengkur.

Anda bisa melakukan diet sehat, atau sering berolahraga untuk mengurangi timbunan lemak dalam tubuh. Sehingga berat badan bisa berkurang. Berat badan berlebih juga berbahaya bagi tubuh, karena dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit.

6. Jauhi alkohol dan obat-obatan tertentu

Minuman minuman beralkohol dan obat-obatan penenang dapat membuat kekuatan organ pernafasan terganggu. Kekuatan otot pernafasan yang akan membuat tidur menjadi mendengkur.

Memang, minuman beralkohol atau obat penenang Memberikan manfaat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan santai, Tapi dibalik itu, ada dampak buruk bagi kesehatan. hindari, hindari minum minuman beralkohol, dan juga setalah minum obat penenang, 4 jam setelah minum obat, anda bisa tidur, maka mendengkur tidak akan terjadi.

7. Mengurangi penurunan saluran pernapasan

Aliran udara keluar masuk dalam tubuh tertutup karena adanya lendir yang berlebihan pada saluran pernapasan. Hal inilah yang dapat menyebabkan Anda mendengkur. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan obat gosok untuk melegakan dan meringankan pernapasan serta mengurangi lendir yang berlebihan di bagian sinus. Dengan begitu maka mendengkur bisa anda kurangi.

Selain itu, mandi dengan air hangat sebelum tidur juga bisa Anda lakukan untuk mengurangi lendir yang berlebihan, atau anda juga bisa menggunakan obat peluruh dahak untuk mengurangi lendir yang berlebihan.

Cara Mencegah Dan Mengobati Mendengkur diatas bisa anda coba dan menerapkan kebiasaan-kebiasaan mendengkur anda bisa berkurang. Cara di atas adalah pencegahan mendengkur dalam skala ringan dan sedang.

Untuk kasus mendengkur skala parah, sebaiknya anda periksa ke doktor ahli terkait dengan kondisi kesehatan anda. Sebab, bisa saja untuk skala parah yang anda alami merupakan pertanda sinyalemen penyakit yang terdapat dalam tubuh anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan