Cara Alami Untuk Mengurangi Asam Lambung

Adanya cairan lambung yang diproduksi secara berlebih dapat menyebabkan gangguan pada lambung. Hal inilah yang sering disebut sebagai gangguan asam lambung yang menyebabkan perut kelebihan asam.

Dalam perut, makanan akan dicerna oleh asam klorida dengan cara dipecahkan menjadi bentuk yang lebih sederhana. Akan tetapi, ada beberapa kasus dimana kelenjar lambung memproduksi asam klorida secara berlebih.

Faktor yang dapat memicu terjadinya asam lambung ada banyak, diantaranya:

  1. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kurang serat.
  2. Mengkonsumsi makanan yang terlalu halus
  3. Mengkonsumsi makanan olahan.
  4. Mengkonsumsi yang banyak mengandung rempah-rempah maupun makanan pedas
  5. Kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan, seperti tergesa-gesa dalam memakan.
  6. Kondisi mental yang tidak normal, seperti adanya stress kronis maupun depresi.
  7. Kebiasaan buruk seperti meminum minuman beralkohol dan juga merokok.
  8. Kebiasaan membiarkan perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang relative lama.
  9. Insomnia serta kurang gerak juga dapat menyebabkan asam lambung.

Asam lambung dapat menyerang siapa saja, tak peduli usia dini (anak-anak) ataupun dewasa. Ciri-ciri anak yang terkena asam lambung meliputi muntah, batuk serta pembentukan luka atau ulkus pada tenggorokan. Sedangkan ciri-ciri orang dewasa yang terkena asam lambung meliputi adanya penyakit maag, nyeri di perut, nyeri pada bagian dada, pembengkakan di bagian dada serta pembentukan gas yang lebihan dalam perut.

Gejala lainnya yang umum dikenali dari adanya asam lambung adalah hilangnya nafsu makan, mual, muntah serta sakit pada bagian lambung.

Adanya asam lambung tidak bisa dikatakan gangguan kesehatan biasa, namun ia adalah gangguan yang sangat serius. Karena kelebihan asam lambung dapat menyebabkan munculnya masalah lain, seperti refluks asam serta dyspepsia. Di samping itu, kelebihan asam lambung dapat menyebabkan sembelit serta gangguan dalam menelan makanan dan penderita akan selalu merasakan sakit karena kontraksi otot pada perut serta sensasi nyeri di bagian telinga.

Sebenarnya gangguan asam lambung bisa dikurangi dengan cara alami. Ada beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengurangi masalah asam lambung, diantaranya:

1. Air putih

Cara alami dan paling direkomendasikan untuk mengurangi kelebihan asam lambung adalah Air putih. Biasakan diri anda meminum dua gelas air putih secara teratur di pagi hari, maka hal ini akan membuat kadar asam lambung dalam perut menjadi stabil.

2. Air kelapa

Menggunakan Air kelapa sebagai pengurang asam lambung juga bagus. Caranya adalah minum air kelapa setelah makan, dengan begitu asam lambung akan menjadi stabil.

3. Susu

Begitu juga dengan Susu, bisa digunakan untuk mengurangi gejala asam lambung. Sejak dahulu kala, telah dipercaya bahwa untuk mengurangi asam lambung dengan cara minum susu setelah makan. Minum susu dari produk mana pun bisa, akan tetapi susu asli yang diperoleh dari petani susu sangat direkomendasikan.

4. Gula merah

Sejak jaman dahulu, Gula merah dipercaya mampu mengurangi masalah kelebihan asam lambung. Tidak ada salahnya anda mencoba mengkonsumsi sejumput gula merah bersama dengan makanan anda. Dengan melakukan cara seperti ini, maka asam lambung dapat dinetralisir. selain itu, manfaat makan gula merah dapat memperbaiki pencernaan.

5. Jeruk dan nanas

Bagi anda yang suka jus, tidak ada salahnya untuk membuat campuran sari jeruk dengan jus nanas dan beri sedikit garam. Ramuan ini dipercaya mampu mengurangi asam lambung yang berlebihan.

6. Buah dan kacang

Buah semangka, pisang serta lemon dapat digunakan untuk mengurangi masalah kelebihan asam lambung. Selain buah di atas, kacang almond juga bisa digunakan untuk mengurangi masalah asam lambung, caranya adalah konsumsilah Kacang Almond setelah makan.

7. Jahe

Manfaat jahe banyak sekali untuk kesehatan tubuh kita dan semua pakar kesehatan herbal sangat menganjurkan untuk sering-sering mengkonsumsi jahe, karena jahe adalah herbal alami yang dapat menghangatkan tubuh. Untuk masalah Asam lambung, menggunakan jahe juga bisa. Caranya adalah tambahkan sedikit jahe pada makanan anda atau meminum air jahe hangat sebelum maupun setelah makan.

8. Daun mint

Daun mint juga dipercaya mampu mengurangi kelebihan asam lambung. Untuk mengurangi asam lambung yang berlebih, cukup kunyah 1 sampai 2 lembar daun mint. selain itu, Minum air rendaman daun mint maupun jus mint juga mampu mengurangi kadar asam lambung yang berlebihan.

9. Lidah buaya

Secara turun temurun, pengetahuan tentang manfaat lidah buaya bagi kesehatan sudah bukan rahasia lagi. Di India, Lidah buaya sudah bukan barang baru lagi dalam mengatasi setiap masalah kesehatan. Mungkin hanya di Indonesia saja yang umum orang ketahui tentang lidah buaya hanya sebagai sarana menyuburkan dan memperindah rambut. Padahal, khasiat lidah buaya untuk kesehatan perut adalah mampu mengatur kadar asam lambung. Bagi anda yang sedang mengalami Asam lambung, cobalah mengkonsumsi jus atau daging tanaman lidah buaya sebelum makan. Dengan begitu, keasaman lambung anda akan selalu dalam keadaan normal.

10. Daun basil

Mengkonsumsi daun basil secara teratur juga bisa mengurangi masalah kelebihan asam lambung. Silahkan anda coba untuk selalu mengkonsumsi daun basil secara teratur.

11. Vinegar

Manfaat Vinegar untuk pencernaan adalah membantu proses mencerna makanan dalam usus. selain itu manfaat kelancaran proses pencernaan makanan ini berdampak pada kurangnya kadar asam lambung. Cobalah untuk mengkonsumsi 2 sendok vinegar setelah makan.
Cukup sekian dulu ulasan Cara Alami Untuk Mengurangi Asam Lambung, semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan